Sabtu, 12 Mei 2012

Karakteristik Konsep Antropologi


>>Karakteristik Konsep Antropologi<<

Antropologi adalah bidang ilmu sosial yang mengkhususkan telaahannya kepada kebudayaan. Kebudayaan akar katanya dari kata Buddayah, bentuk jamak dari Buddi yang berarti budi akal (Koentjarningrat : 1990 : 9) Soerjono Soekanto (1990 : 118) kata Buddayah dan atau Buddi itu berasal dari bahasa sansekerta. Dengan demikian kebudayaan itu dapat diartikan sebagai hal-hal yang berhubungan dengan budi atau akal berkaitan dengan budaya ini ada beberapa konsep dari berberapa pakar antropologi antara lain C. A. Ellwood (Fairchild, H.P. dkk : 1982 : 80) menyatakan :

  • Kebudayaan adalah nama kolektif semua pola perilaku di transparansikan secara sosial melalui symbol-simbol : dari sini tiap unsur semua kemampuan kelompok umat manusia yang karakteristik yang tidak hanya meliputi bahasa, peralatan, industri, seni, ilmu, hukum, pemerintahan, moral dan keyakinan kepercayaan saja, melainkan meliputi juga peralatan material atau artefak merupakan penjelmaan kemampuan budaya yang menghasilkan pemikiran yang berefek praktis dalam bentuk bangunan, senjata, mesin, media komunikasi, perlengkapan seni dan sebagainya. Pengertian kebudayaan secara ilmiah berbeda dengan pengertian konotatif sehari-hari. Hal tersebut meliputi semua yang dipelajari melalui sambung rasa atau komunikasi timbul arah. Hal itu meliputi semua bangsa, tradisi, kebiasaan dan kelembagaan. Tidak ada kelompok umat manusia yang memiliki kemampuan yang tidak memiliki bahasa, tradisi, kebiasaan dan kelembagaan kebudayaan itu sifatnya universal yang merupakan cirri-ciri yang berkarakteristik masyarakat, manusia.


Konsep yang dikemukakan oleh Ellwood diatas sangat jelas bahwa kebudayaan itu hanya menjadi milik otentik manusia. Dari konsep tadi, tercermin pada konsep-konsep dasar antropologi yang melekat pada kehidupan masyarakat manusia. Konsep-konsep dasar itu meliputi :

  1. Kebudayaan
  2. Tradisi 
  3. Pengetahuan
  4. Ilmu
  5. Teknologi
  6. Nama 
  7. Lembaga
  8. Seni
  9. Bahasa
  10. Lambang 
  11. Banyak hal serta fenomena yang dapat kita gali sendiri.


0 komentar:

Posting Komentar