Jumat, 18 Mei 2012

Negara FILIPINA


•    Tinjauan letak
a.    Geografis    :    Secara geografis, Negara Filipina berbatasan dengan samudra pasifik di sebelah utara dan timur, berbatasan dengan laut Cina Selatan di sebelah barat, dan berbatasan dengan laut Sulawesi disebelah selatan.
b.    Astronomis    :    Secara astronomis, Filipina terletak antara 40 LU-190LU dan 111BT0-1260BT
c.    Luas dan Batas Wilayah.
1.    Luas    :    + 400.440 KM2
2.    Batas Wilayah    :    Sebelah utara berbatasan dengan Samudra Pasifik
        Sebelah timur berbatasan dengan Samudra Pasifik
        Sebelah selatan berbatasan dengan laut sulawesi
        Sebelah barat berbatasan dengan laut Cina Selatan
•    Benteng Alam dan Iklim
a.    Benteng Alam
1.    Filipina merupakan sebuah Negara kepulauan terdiri atas 7.107 pulau. Diantara jumla pulau tersebut terdapat pulau yang besar yaitu pulau Luzan (sebelah utara) dan pulau Mindanau (Sebelah selatan).
2.    Filipina dulalui deretan pegunungan sirkum pasifik dan banyak terdapat gunung berapi antara lain gunung Apo, Mayon. Dan Gunung Pulog
b.    Iklim
1.    Secara astronomis terletak antara 40 LU – 190LU  sehingga Filipina memiliki iklim tropis yang mempengaruhi oleh angina muson, sehingga sering terjadi badai tropis (angina taifun) yang bertiup dari samudra Pasifik kea rah laut Cina Selatan april dan mei merupakan bulan-bulan terpanas, sedangkan dari Nov – Feb berlangsung musim sejuk.
•    Keadaan Penduduk dan Perekonomian
a.    Keadaan penduduk
1.    Jumlah penduduk     :     87.857.473 (2005) jumlah penduduk Filipina di perkiranakn  sama banyak dengan jumlah penduduk Prancis atau Inggris
2.    Kepadatan    :    + 220 Jiwa /Km2
3.    Agama    :    Katholik (85%), Kristen (5%) dan gama lain (6%)
4.    Suku bangsa    :    Filipina, Melayu, Spanyol, Campuran antara Mlayu – Spanyol dan Moro Negrito

5.    Bahasa    :    Tagalog, Inggris dan Spanyol.
6.    Penduduk Asli    :    Negrito

b.    Perekonomian
1.    Industri
-    Industri yang berkembang di Filipina masih di dominasi industri pengolahan hasil-hasil alam, hasil industri dan pertambangan yang merupakan komoditas ekspor dan tembaga, emas, perak, kramik dan bijih besi.
2.    Perdagangan
-    Komoditas Filipina yang dapat dikembangkan dalam dunia perdagangan internasional sebagai hasil pertanian, seperti serat mania, gula, kopra, buah-buahan dan berbagai jenis kayu hutan ! sedangkan kehidupan laut mencapai jumlah terbanyak di Asia Tenggara.

0 komentar:

Poskan Komentar