Selasa, 03 Juli 2012

Syarat-syarat Terjadinya Interaksi


>>Syarat-syarat Terjadinya Interaksi<<

Suatu mteraksi sosial tidak akan mungkin terjadi apabila tidak memenuhi dua syarat, yaitu :
1. Kontak Sosial (Social – contact)
Ditinjau dari sudut harfiahnya kontak sosial berarti bersama-sama menyentuh. Secara fisik, kontak baru terjadi apabila terjadi hubungan badaniah. Namun dalam perkembangan teknologi dewasa ini orang dapat berhubungan satu dengan lainnya melalui telepon, telegrap, radio, surat clan sebagainya yang tidak memerlukan suatu hubungan badaniah.

2. Komunikasi

Sebagai syarat kedua, berkomunikasi lebih menekankan pada kesamaan pengertian antara para pelakunya. Artinya, jika seseorang menafsirkan apa yang diinginkan orang lain kemudian mengabulkan apa yang diinginkan orang lain itu, dapatlah dikatakan bahwa komunikasi hisa berlangsung dengan baik.
Apakah komunikasi dapat dipisahkan dari kontak sosial dalam mewujudkan suatu interaksi sosial? suatu kontak dapat terjadi tanpa komunikasi. Misalnya apabila seorang Jawa bertemu clan berjabat tangan dengan seorang Asmat, lalu dia berbicara dengan bahasa Jawa halus, padahal orang Asmat tersebut tak mengerti bahasa Jawa halus, dalam kasus ini, kontak sebagai syarat pertama telah terjadi, akan tetapi komunikasi tak terjadi karena kedua orang itu tak mengerti pe°asaan masing-masing. Sehingga interaksi sosial pun tak terjadi, dengan demikian apabila dihubungkan dengan interaksi sosial, kontak tanpa komunikasi tidak mempunyai arti.
Pentingnya kontak dan komunikasi bagi terwujudnya interaksi sosial, dapat diuji dengan suatu kehidupan terasing (Isolation). Kehidupan terasing yang sempurna ditandai dengan suatu keiidakmampuan untuk mengadakan interaksi sosial dengan pihak lain.

0 komentar:

Posting Komentar