Jumat, 15 Juni 2012

Daur Ulang Barang Yang Tidak Terpakai


>>Daur Ulang Barang Yang Tidak Terpakai<<

Daur ulang yaitu pengolahan barang yang tidak terpakai menjadi barang yang berguna dan bermanfaat bagi kehidupan kita. Daur ulang barang yang tidak terpakai merupakan cara efektif seseorang untuk menjadikan lingkungan disekitar kita menjadi lebih indah dan nyaman untuk kita tinggali.
Daur ulang barang yang tidak terpakai menjadi barang yang berguna dan bermanfaat bagi kita akan menghasilkan suatu keindahan, selain itu akan menghasilkan pula suatu keuntungan bagi kita dan hal ini sangat membanggakan sekali karena hanya menggunakan barang bekas kita dapat dan cara fakir yang kreatif kita dapat menghasilkan suatu keindahan yang menguntungkan.
Oleh sebab itu barang bekas yang kita miliki jangan dulu kita buang, tetapi kita dapat mengumpulkan dan berfikir agar barang tersebut dapat memberi manfaat pada kita, karena banyak sekali barang-barang bekas yang biasanya kita buang ternyata masih memiliki manfaat bila kita dapat mengolahnya.
Dalam kehidupan sehari-hari setiap orang pasti membutuhkan pakaian untuk menutup auratnya. Dengan demikian seorang penjahit yang membuat pakaian biasanya akan menentukan pola pakaian yang kemudian akan dipotong, biasanya dari hasil potongan kain tersebut masih tersisa potongan kain yang kecil dan tidak terpakai lagi, sisa potongan kain yang tidak terpakai tersebut dinamakan dengan kain perca
Seorang penjahit biasanya akan membuang kain perca tersebut karena dianggap tidak terpakai dan tidak dapat digunakan lagi, sehingga akalau dibiarkan akan menumpuk dan menjadi sampah, hal tersebut merupakan cara fakir yang salah, karena seorang yang dapat berfikir kreatif akan mengolah kain perca tersebut menjadi berbagai macam manfaat yang berguna bagi kita, kain perca tersebut dapat kita jadikan sebagai hiasan temple pada taplak, sehingga memberi kesan yang cantik dan indah, kain perca juga dapat kita jahit lagi menjadi pakaian boneka cantik dan lucu, dan masih banyak lagi manfaat yang kita dapat dari kain perca tersebut dan tidak hanya kain perca yang dapat kita daur ulang tetapi plastic, kertas, kayu dll. Dapat kita jadikan suatu barang yang sangat berguna bagi kita.
Masa kecil merupakan masa-masa yang sangat menyenangkan bagi anak-anak, karena pada masa tersebut anak biasanya akan banyak bermain-main dan pastinya juga akan banyak jajan, semua jenis jajan pasti akan di beli dan di makan. Karena masih kecil maka seorang anak akan membuang sampah sembarangan, dengan demikian orang tualah yang harus memperhatikan segala sesuatu yang dilakukan anaknya tersebut. Mengambil sampah dan membuangnya pada tempat sampah merupakan hal baik yang perlu diajarkan kepada anak, tetapi tidak semua sampah kita buang, karena masih banyak barang atau sampah plastik yang dapat bermanfaat bagi kita. Seperti gelas plastik bekas, gelas plastik bekas dapat kita olah menjadi bunga hias yang cantik yang akan memberikan keindahan pada rumah kita. Dengan demikian dapat kita ketahui bahwa bungkus makanan atau gelas plastik minuman yang tidak terpakai ternyata masih memiliki manfaatbagi kita.
Setiap orang pastinya senang bepergian kesuatu tempat yang belum pernah dikunjunginya, pada saat berkunjung kesuatu tempat tersebut biasanya seorang akan membeli oleh-oleh untuk dibawanya pulang oleh-oleh tersebut dapat berupa makanan ataupun benda. Tanpa kita sadari kitapun sesungguhnya dapat membuat sebuah benda yang indah dan dapat dijadikan sebagai oleh-oleh atau cindramata dan souvenir. Benda yang kita buat tidaklah sulit dan menggunakan biaya yang mahal karena hanya dengan menggunakan bahan baku kertas yang tidak terpakai dan cara fikir kreatif akan menghasilkan suatu benda yang indah dengan menggunakan kertas kita dapat membuat hiasan gelas, cara kertas tersebut dapat kita leburkan yang kemudian di kasih lem dan di cetak. Maka benda yang kita inginkan telah jadi dan tidak ada yang tahu bahwa benda-benda tersebut berasal dari kertas-kertas yang tidak terpakai.
Dengan demikian, tranpa kita sadari bahwa benda-benda di sekitar kita yang tidak terpakai dan kita kadang menyebutnya sebagai sampah yang harus dibuang ternyata masih memiliki manfaat bagi diri kita jika ada kemauan pada kita untuk menjadikan benda tersebut sebagai objek kreatifitas kita yang menghasilkan suatu keindahan dan kenyamanan dalam kehidupan kita yang bersih. Oleh karena itu daur ulang barang yang tidak terpakai merupakan cara efektif untuk mengurangi pencemaran lingkungan dan menjadikan lebih indah kehidupan kita sehari-hari.

0 komentar:

Posting Komentar