Rabu, 23 Mei 2012

Tips Cara Cepat Membaca Buku

 >>Tips Cara Cepat Membaca Buku<<
Teknik Membaca Cepat
a.    Membaca Skiming
Skiming ialah “terbang pada halaman demi halaman buku”. Men-skim berarti menyapu halaman-halaman buku dengan cepat untuk menemukan sesuatu yang dicari. Dengan demikian, orang yang sedang membaca dengan teknik sikiming berarti tidak melihat kata demi kata, kalimat demi kalimat,, atau bahkan paragraph demi paragraph, tetapi menyapu halaman demi halaman secara menyeluruh. Baru bila dirasa apa yang dicarinya tertemukan, baca dengan kecepatan normal atau teliti.
    Teknik membaca skiming
1.    Pertanyakan dulu, “Apa yang akan kita cari atau kita perlukan dari buku ini?”
2.    Dengan bantuan daftar isi atau kata pengantar (jika yang dibaca itu sebuah buku), carilah kemingkinan bahwa informasi yang anda  butuhkan itu ada dalam buku tersebut.
3.    Dengan penuh perhatian, coba telusuri dengan kecepatan tinggi setiap baris bacaan yan anda hadapi. Untuk jenis buku, tataran yang ditelusuri barangkali bukan baris, melainkan paragraph atau subbab.
4.    Berhentilah ketika anda merasa menemukan kalimat atau judul yang menunjuk apa yang anda cari.
5.    Bacalah dengan kecepatan normal, dan pahami denagan baik apa yang anda cari.


b.    Membaca Skaning
Sejalan dengan tujuannya, ingin mengetahui isi buku secara menyeluruh dengan cepat, membaca skaning (scanning) sangat bergantung pada waktu. Jadi, seberapa banyak waktu tersedia. Jadi, bila anda ingin memperoleh gagasan pokok bacaan (buku) secara cepat dan efisien, maka teknik skaninglah yang anda gunakan. Langkah-langkah yang bisa ditempuh adalah sebagai berikut :
1.    Lihat daftar isi dan kata pengantar secara singkat.
2.    Telaah secara singkat latar belakang penulisan buku.
3.    Baca bagian pendahuluan secara singkat.
4.    Cari dalam daftar isi bab-bab yang penting. Cari dalam halaman-halaman buku bab yang penting tersebut, kemudian baca kalimat yang penting.
5.    Baca bagian kesimpulan (jika ada).
6.    Lihat secara sekilas adakah daftar pustaka, daftar indeks, atau apandiks.

0 komentar:

Posting Komentar