Jumat, 18 Mei 2012

Makalah Membangun Profesionalitas Guru

BAB I
PENDAHULUAN

1.1    Latar Belakang
Merencanakan suatu pendidikan masa depan yang baik adalah dengan membangun dan meningkatkan kualitas guru. Membangun dan meningkatkan kualitas guru artinya mengerahkan para guru pada profesionalisme yang diharapkan. Pekerjaan guru adalah sebuah profesi mulia, yaitu mulia di sisi manusia dan mulia di sisi tuhan, karena guru mengemban amanah sesuai dengan pembukaan Undang Undang 1945 yaitu “Turut serta dalam usaha mencerdasakan kehidupan bangsa”.
Guru adalah tenaga pendidik professional dengan tugas utama mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan melatih, menilai dan mengevaluasi peserta didik pada pendidikan usia dini jalur pendidikan formal, pendidikan dasar dan pendidikan menengah yang susai dengan standar mutu yang disyahkan oleh lembaga yang bersangkutan, serta lebih jauh siap mempertanggung jawabkan pekerjaan tersebut dengan cara-cara profesional.
Profesi merupakan spesialisasi dari jabatan intelektual yang diperoleh melalui pendidikan dan pelatihan yang bertujuan untuk menciptakan ketrampilan dan pekerjaan yang diminati, disenang orang lain, sehingga profesi akan lebih spesifik sesuai dengan profsinya. Suatu profesi didasarkan kepada latar belakang pendidikan akademik sesuai dengan profesinya, semakin tinggi tinggi tingkatan penghargaan. Dikarenakan memiliki dampak yang sangat besar dimasyarakat, sehingga memiliki efek yang timbul dari pekerjaannya sebagai profesi.
1.2    Rumusan Malasah
Bedasarkan latar belakang diatas dapat dirumuskan maslah sebagai berikut :
1.    Guru sebagai jabatan profesional
2.    Guru mengajar sebagai pekerjaan profesional
3.    Kompetensi profesional guru :
a.    Kompetensi pribadi
b.    Kompetensi profesional
c.    Kompetensi sosial kemasyarakatan.
4.    Optimalisasi peran guru dalam proses pembelajaran.
a.    Guru sebagai sumber mengajar
b.    Guru sebagai fasilitator
c.    Guru sebagai pengelola
d.    Guru sebagai pembimbing
e.    Guru sebagai motivator



Untuk Membaca Teks Lengkap Silahkan 

0 komentar:

Posting Komentar