>>RPP Bahasa Indonesia Kelas XI Semester 2<<
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Nama Sekolah :
Mata Pelajaran : Bahasa
Indonesia
Kelas / Semester : XI
/ 2
Alokasi Waktu : 1
x 45 Menit
Standart Kompetensi : Berkomunikasi
dengan Bahasa Indonesia setara tingkat madya
Kompetensi Dasar : Menggunakan
secara lisan kalimat Tanya / pertanyaan dalam kounteks berkerja.
Indikator : Mengajukan pertanyaan yang sesuai dengan topic pembicaraan untuk
menggali informasi secara santun
I.
TUJUAN PEMBELAJARAN
a.
Tujuan Akademik
-
Peserta didik mampu membuat pertanyaan yang sesuai
dengan topik pembicaraan untuk menggali informasi secara santun
-
Peserta didik mampu menjawab pertanyaan yang sesuai
dengan topik pembicaraan untuk menggali informasi secara santun
-
Peserta didik mampu menyimpulkan apa yang disebut dengan
kalimat Tanya
b.
Tujuan Karakter
-
Agar siswa tahu apa yang disebut dengan kalimat tanya
-
Siswa dapat berfikir dengan sendiri dalam membuat
pertanyaan yang sesuai dengan topik pembicaraan untuk menggali informasi secara
santun.
II.
MATERI PEMBELAJARAN
A.
Pengertian Kalimat Tanya dan Fungsinya.
Kalimat tanya adalah kalimat yang disampaikan dengan
maksud mendapat jawaban berupa informasi, penjelasan atau pernyataan kalimat
tanya dapat berbentuk jawaban pendek / panjang dan diakhiri tanda (?)
Kalimat tanya berfungsing untuk meminta jawaban berupa
penjelasan, informasi dan untuk konfirmasi. Ada 5 contoh fungsi kata tanya
dalam menyusun kalimat tanya :
1.
Apa è kata tanya ini untuk menanyakan benda
Contoh : Apa yang kamu bawa ?
2.
Siapa è kata tanya ini untuk menanyakan nama seseorang
Contoh : Siapa nama orang tuamu ?
3.
Mengapa è kata tanya ini untuk menanyakan sebab suatu
Contoh : Mengapa kamu terlambat sekolah ?
4.
Mana è kata tanya ini untuk menanyakan tempat
Contoh : Dimana tempat lahirmu ?
5.
Berapa è kata tanya ini untuk menanyakan jumlah
Contoh : Berapa jumlah saudaramu ?
III. METODE
PEMBELAJARAN
-
Menjelaskan
-
Penugasan
-
Diskusi
IV. LANGKAH-LANGKAH
PEMBELAJARAN
1.
Kegiatan Awal
a.
Salam
b.
Absensi
c.
Guru menjelaskan tentang KD yang akan dibahas
2.
Kegiatan Inti
a.
Guru membagi siswa menjadi beberapa kelompok
b.
Setiap kelompok menganalisis wacana
c.
Setiap kelompok membuat pertanyaan sesuai dengan wacana
d.
Setiap kelompok mengoreksi dengan guru tugas yang telah
di kerjakan
3.
Kegiatan Akhir
a.
Guru bersama-sama dengan peserta didik membuat
rangkuman atau simpulan pelajaran
b.
Guru melakukan penilaian atau refleksi terhadap
kegiatan yang sudah dilaksanakan
c.
Guru memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil
pembelajaran
V. Sumber Belajar
1.
Buku Bahasa Indonesia SMK/MAK serta tingkat madya kelas
IX, karangan Dra. SUPARMI
2.
Buku LBI, ensiklopedi Indonesia, KBBI
VI. Penilaian
a.
Jenis
tes : Tertulis
b.
Bentuk
tes : Essay
c.
Instrumen : Terlampir
................................................... 2012
Guru Pamong Mahasiswa
PPL
Mengetahui
Kepala
SMK PGRI 1 Bojonegoro
0 komentar:
Posting Komentar