Minggu, 20 Mei 2012

Pengolahan Sampah di Perkotaan

 >>Pengolahan Sampah di Perkotaan<<

1.1 Latar Belakang
Dewasa ini Indonesia dihadapkan pada suatu fakta akan besarnya Perkembangan perkotaan. Hal ini lebih lanjut akan membawa implikasi timbulnya beberapa permasalahan perkotaan.
Inieraksi dalam sistem kota, baik yang menyangkut perimbangan penduduk dari segi pertumbuhan ekonomi maupun aktivitas sosial lainnya. Didalam kata tidak dapat akan membawa pula masalah lingkungan dari segi yang luas.

Interaksi lebih lanjut diteruskan pula melalui berbagai macam pencemaran yang melanda kota-kota sebagai dampak globalisasi kehidupan modern masyarakat perkotaan menimbulkan sikap hidup yang konsumtif.
Dalam rangka menjaga kebersihan maka yang terpenting adalah menjaga keseimbangan lingkungan kota diantara facktor penyebab utamanya, dalam ekosistem lingkungan hidup berbagai macam aspek yang menyebabkan keberhasilan lingkungan kola dalam menjaga keseimbangan adalah diakibatkan oleh pertambahan penduduk yang cepat, masalah sampan, perkembangan teknologi serta perkembangan peradapan manusia,

Sampah selama ini menduduki peranan penting hidup dikota. Manusia dengan kemajuan teknologi telah dihadapkan pada masalah berupa sampah plastic. Tampak sekarang bahwa betapa besar pengaruh sampah terhadap  kebersihan kota pada umumnya sampah itu tersebar dimana-nana.misalnya dirumah, dijalan, dipasar, disaluran-saluran dimuka kantor, disekitar pabrik dan ditempat-tempat lainnya.

Kebersihan juga merupakan faktor yang dapat menentukan indah serta menariknya suatu lingkungan. 1ebih jauh mengenai kebersihan ini bukanlah masalah fisik semata melainkan terciptanya kebersihan akan membawa dampak yang positif terhadap lingkungan sualu keadaan sedap dan indah dipandang atau paling tidak akan memberikan rasa kedamaian karena dalam suasana demikian  kecendenungan manusia dalam memikirkan hidup dan kehidupannya. Merencanakan langkah-langkah yang harus ditempuh untuk menghadapi hari esok yang lebih baik.

Hasil pengamatan penulis diobyek penelitian (kota Bojonegoro) menyatakan bahwa sampah-sampah ini dapat dimanfaatkan secara metode composting dan kondisi lingkungannya yang belutn tertata rapi, Hal ini disebabkan karena belum optimalnya penanganan kebersihan lingkungan oleh instansi terkait khususnya dinas kebersihan dan pertamanan kabupaten Bojonegoro. Permasalahan ini sebagai akibat minimnya peran serta partisipasi warga kota dalam upaya kebersihan lingkungan dengan adanya keberadaan sampah. Dengan demikian maka diharapkan agar ada upaya dari pihak dinas kebersihan untuk dapat menggerakkan partisipasi warga kota melalui sosialisasi terhadap beberapa program kebersihan yang sedang dicanangkan sehingga dalam pelaksrnaan nanti akan mendapat respon positif dari warga masyarakat. Untuk itu penulis dalam membuak karya tulis ilmiah ini mengambil judul

“SISTEM PENHOLAHAN SAMPAI. DENGAN METODE COMPOS DAN PENEMBANGAN  PENGURAI SAMPAH ORGANIK SEBAGAI PUPUK , TANAMAN IMULTIFUNGSI DILINGKUNGAN KABT1PATEN BOJONEGORO”

1.2 RUMUSAN MASALAH
Dari uraian latar belakang masalah diatas. maka pennasalahan dapat dinimuskan sebagai berikut :
  1. Apa pengaruh yang ditimbulkan dalam pengolahan sampah sampai dengan metode composting dengan pelestarian atau kebersihan lingkungan ?
  2. Apakah sistem, pengelolaan sampah dengan metode composting lebih etektif'?
  3. Bagaimanakah usaha pemerintah dalam meningkatkan kesadaran masyarakat dalam kebersihan lingkungan dengan pengelolaan berbagai sampah ?

Untuk Teks Lengkap Silahkan Download 

0 komentar:

Posting Komentar