Rabu, 23 Mei 2012

Langkah Menggunakan Microsoft Excel

>>Langkah Menggunakan Microsoft Excel<<


LANGKAH - LANGKAH MENGGUNAKAN MICROSOFT EXCEL
Mempercantik Grafik
Buat data keuangan Anda tampil lebih menarik, lalu masukkan ke dokumen lain. Data keuangan selalu berisi angka-angka dan biasanya membosankan. Nah, agar tetap enak dibaca, data tersebut bisa Anda ubah menjadi grafik. Tak hanya itu, grafik itu pun kemudian bisa dipermenarik lagi. Jika sudah jadi, grafik itu pun bisa ditempelkan ke dokumen pada aplikasi lain. YUL

LANGKAH 1
Buka Microsoft Excel. Kemudian masukkan data-data angka dan teks ke dalam area kerja yang ada.

LANGKAH 2
Jika sudah, untuk mengubah data-data angka dan teks tadi menjadi grafik, blok semua data dengan bantuan pointer, lalu klik [Insert] [Chart...].

LANGKAH 3
Pada boks dialog yang muncul, pilih jenis grafik pada "Chart type". Tentukan model grafiknya pada "Chart sub-type", lalu klik [Next]. Selanjutnya pilih jenis data yang ingin ditampilkan pada sumbu vertikal (x) dan klik [Next].

LANGKAH 4
Pada boks berikutnya, klik tab [Titles]. Pada kotak "Chart title", beri judul untuk grafik. Berikan keterangan untuk setiap sumbu grafik pada kotak "Categori (X) axis" dan "Value (Z) axis". Pada tab lainnya, Anda bisa mengatur setting tampilan grafik. Klik [Next] sesudahnya.

LANGKAH 5
Pada jendela "Place chart:", pilih saja "As new sheet:", lalu beri nama worksheet tersebut di kotak isian sampingnya. Klik [Finish] untuk menyudahi wizard. Grafik baru akan muncul di layar kerja baru.

LANGKAH 6
Jika posisi dan angle grafik kurang memuaskan, atur saja posisinya. Klik-kanan grafik, lalu pilih [3-D View...]. Pada boks dialog yang muncul, atur posisi dan angle lewat kotak isian "Elevation:" dan "Rotation:" atau lewat tombol navigasinya. Jika sudah pas, klik [Apply] [OK].
LANGKAH 7
Bentuk batang grafik juga bisa Anda ubah, dari kotak menjadi tabung atau kerucut. Caranya, klik-dobel batang grafik, lalu pada boks Format Data Series klik tab [Shapes]. Pilih bentuk pada menu "Column shapes".

LANGKAH 8
Anda ingin mengganti warna batang grafik? Gampang saja. Klik tab [Pattern] dan pilihlah warna dari palet warna yang tersedia.

LANGKAH 9
Mengganti batang grafik dengan foto pun bisa kita lakukan. Tinggal klik tab [Pattern], lalu klik [Fill Effects...] [Picture] [Select Picture...]. Cari dan klik file gambar dan klik [Insert].

LANGKAH 10
Pada boks dialog Fill Effects, pada menu "Format", pilih [Stack]. Lalu pada menu "Apply to", Anda bisa mencentang semua pilihan jika gambar ingin ditampilkan di semua sisi batang. Klik [OK] [OK] sesudahnya.

LANGKAH 11
Latar belakang batang grafik juga bisa Anda isi gambar. Klik-dobel latar, lalu lakukan langkah yang sama dengan Langkah 9 dan 10.

LANGKAH 12
Jika Anda ingin menghilangkan garis-garis pada latar, klik-kanan di luar area grafik dan pilih [Chart Options...] [Gridlines]. Hilangkan centang pada [Major Gridlines] [OK].

LANGKAH 13
Ingin memindahkan grafik ke dokumen lain? Klik bagian terluar grafik, hingga muncul titik-titik pada keempat sudutnya. Tekan [Ctrl] + [C] untuk melakukan copy. Buka dokumen lain, misalnya dokumen PowerPoint. Klik [Edit] [Paste], maka grafik pun akan muncul pada dokumen tersebut

0 komentar:

Poskan Komentar